• Rabu, 7 Desember 2022

Siswa SMKN 1 Lemahsugih Ciptakan Mobil Listrik

- Rabu, 1 September 2021 | 16:36 WIB
Mobil Listrik yang dinamai Perikesit ERV hasil karya SMK 1 Lemahsugih
Mobil Listrik yang dinamai Perikesit ERV hasil karya SMK 1 Lemahsugih

Majalengka, Zonabandung.com,- Mobil Listrik yang dinamai Perikesit ERV milik SMK 1 Lemahsugih, Kabupaten Majalengka yang dirakit para siswa sekolah tersebut sudah hampir dua tahun lebih terparkir di ruang Labolatorium milik sekolah setempat, tidak dipakai apalagi dikembangkan karena kurangya dukungan.

Mobil listrik berwarna silver berkapasitas 2 orang hingga 3 penumpang, dengan lebar 1,20 m dan lpanjang 2,50 m ini sempat menjadi kebanggaan sekolah kejuruan yang berada di bawah Gunung Cakrabuana, sebuah sekolah yang baru berdiri selama kurang lebih 10 tahunan saja. Sekolah yang ada diperbatasan antara Majalengka dan Sumedang.

Menurut keterangan salah seorang guru yang juga menjadi Ketua Pembimbing pembuatan mobil listrik, Arif Rahman Hakim, mobil tersebut dibuat di Tahun 2018 dan sempat diikutsertakan pada Pameran Pendidikan kejuruan Eiptech XII tingkat Jawa Barat di Kabupaten Garut.

Pembuatan mobil listrik metic di gagas Kepala Sekolah SMK 1 Lemahsugih saat itu Ahdin ingin sekolahnya mampu menciptakan inovasi baru dan terbarukan, walaupun sekolahnya berada di pinggiran, yang jauh dari kota, namun siswanya harus lebih maju dari orang kota itu sendiri.

'Waktu itu Pak Kepala menantang para siswa untuk menciptakan sebuah karya penomenal, yang katanya walaupun berada di kampung, warga yang kebanyakan petani dan sekolah baru namun pikirannya harus lebih maju. Menunjukan bahwa orang kampung tidak kampungan namun harus serba bisa,' ungkap Arif (1/9/2021).

Menjawab tantangan tersebut ada sejumlah siswa yang memiliki talenta tinggi terhadap otomotif yang memiliki disiplin ilmu yang berbeda berupaya membimbing para siswa untuk membuat sebuah kendaraan listrik.

'Ketika itu lagi ramai-ramainya mobil listrik, sehingga diciptakan mobil listrik. Tidak sempurna memang karena dikejar waktu ingin mengikuti pameran, jadi kendaraan dibuat secara maraton oleh para siswa, ada beberapa barang yang dibeli dari luar, motor listrik dari Jogya, kontroler juga dari luar hingga mencari ke Semarang. Kalau badan kendaraan pul dibuat sendiri, demikian juga dengan rangka dan sebagainya,' kata Arif.

Maklum pembuatan mobil tersebut hanya dalam waktu dua bulan saja, sementara pembuatan badan mobil butuh waktu lumayan lama terutama mencetak badan mobil yang terbuat dari piber dengan tingkat kesulitan yang paling tinggi dan lama. Pembuatan diawali mendisain disain rangka dengan menggunakan triplek, kemudianmencetak piberglas yang dicetak di ruang labolatorium otomotif.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

5 Rekomendasi Kado untuk Pasangan Terbaik 2022

Selasa, 29 November 2022 | 18:54 WIB

Jangan Lewatkan! Promo Menarik Spesial Hangry BirthDay

Kamis, 17 November 2022 | 20:31 WIB

Apakah Asuransi Kesehatan Mencakup Perawatan Gigi?

Sabtu, 5 November 2022 | 20:26 WIB

Buka Tabungan di bank bjb Dapat Banyak Keuntungan

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 17:23 WIB
X