• Selasa, 31 Januari 2023

Kolonel CAJ Eko Waluyo Setyantoro Kisahkan Pengalamannya Ditolong Nelayan Misterius Saat Bertugas di Timtim

- Senin, 31 Oktober 2022 | 11:54 WIB
Kolonel CAJ Eko Waluyo Setyantoro, Kasubditbinminperspra  Ditajenad
Kolonel CAJ Eko Waluyo Setyantoro, Kasubditbinminperspra Ditajenad

Bandung, Zonabandung.com,- Menjadi prajurit sejati harus siap menghadapi segala situasi sulit. Bagi prajurit yang bertugas di perbatasan di pulau-pulau terluar yang terlambat mendapat kiriman logistik harus siap didera kelaparan sampai kiriman atau bantuan logistik datang.

Demikian juga saat berlayar menuju medan tugas operasi ke suatu tempat yang jauh.Tanpa ada uang tanpa ada rangsum makanan yang cukup, mengakibatkan  perut keroncongan dilanda rasa lapar yang hebat. Itulah yang dialami Kolonel CAJ Eko Waluyo Setyantoro, Kasubditbinminperspra Ditajenad. Saat bertugas mengantar dan mengawal  para pemuda Timtim pro integrasi, Eko dkk pernah punya punya pengalaman yang tak terlupakan saat  5 hari kelaparan di atas kapal.

Sejak menjadi perwira muda, begitu lulus dari taruna AKMIL tahun 1987 langsung Eko  mendapat tugas ke Timtim (Sekarang Timor Leste) dalam  Operasi Seroja.

Baca Juga: Pos Bloc Medan, Ruang Kreatif Publik dan Pemberdayaan Bisnis Resmi Dibuka

Karena salah persepsi disangka selama berlayar menuju Timtim  akan mendapat rangsum, ternyata berlakunya nanti kalau sudah sampai di tempat tugas.  Walhasil sebagai perwira muda yang masih polos dengan pangkat Letda, Eko dkk makan perbekalan yang dibawa sekedarnya. Mau minta makan  ke pemuda Timtim tidak tega karena makan mereka pun berebut. Jadilah Eko dkk harus menahan lapar.

Teman-temannya ada yang sudah  lemah tak tahan,  wajah pucat tak ada asupan makanan, membuat Eko berpikir keras bagaimana caranya mencari  dan mendapat  makanan. Maka begitu kapal lego jangkar masih di lautan  jauh dari pantai. Eko melempar matanya  ke sekitar dan  berdiri di atas buritan , tapi tak terlihat satu pun perahu nelayan.

Namun entah tertutup badan kapal  entah matanya kurang tajam penglihatan, tiba-tiba Eko melihat perahu nelayan.

Berdalih ingin  mengantar surat dari Pangdam  ke Kodim Kupang  Eko pun mendapat izin dari Komandan kapal , diberi batas waktu 2 jam turun ke daratan.  Bila  lewat 2 jam Eko akan ditinggal kapal. Kalau  benar-benar sampai ditinggal kapal,  hancurlah riwayat tugas pertamanya. Namun demi teman yang didera kelaparan  Eko nekad  melakukannya.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

Kelebihan dan Fitur Set Top Box yang Harus Diketahui

Selasa, 10 Januari 2023 | 21:21 WIB

5 Rekomendasi Kado untuk Pasangan Terbaik 2022

Selasa, 29 November 2022 | 18:54 WIB

Jangan Lewatkan! Promo Menarik Spesial Hangry BirthDay

Kamis, 17 November 2022 | 20:31 WIB

Apakah Asuransi Kesehatan Mencakup Perawatan Gigi?

Sabtu, 5 November 2022 | 20:26 WIB

Buka Tabungan di bank bjb Dapat Banyak Keuntungan

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 17:23 WIB
X