• Rabu, 7 Desember 2022

Selain Mereaktivasi Yang Sudah ada, Pemkot Bandung Akan Tambah Jalur Khusus Sepeda

- Kamis, 11 Juni 2020 | 20:47 WIB

Bandung, Zonabandung.com,- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bakal menambah jalur baru khusus sepeda. Kerennya, para pesepeda bisa mengajukan jalur yang bakal dibuat. Tak hanya itu, Pemkot Bandung juga akan mereaktivasi jalur yang sudah ada.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyatakan, reaktivasi dan penambahan jalur khusus sepeda ini guna merespon maraknya warga yang bersepeda di tengah pandemi Covid-19. Sehingga masyarakat bisa semakin aman dan nyaman bersepeda di Kota Bandung.

“Kami dari pemerintah kota melihat euforia atau momentum ini harus bisa kita pelihara untuk menghadapi normal baru. Saya sebagai penyintas merasakan memang akhirnya harus bersahabat dengan virus ini,” ucap Yana di Balai Kota Bandung, Kamis (11/6/2020).

Yana mengakui, maraknya kegiatan bersepeda di Kota Bandung ini harus ditangkap sebagai peluang bagi Pemkot Bandung untuk menguatkan budaya bersepeda. Penggunaan sepeda tidak hanya untuk rekreasi atau olahraga saja, namun sebagai alat transportasi sehari-hari.

Menurut Yana, bersepeda tidak hanya berdampak positif terhadap kesehatan. Lebih dari itu juga turut mengurangi polusi kendaraan bermotor. Dengan bersepeda terjadi kesetaraan di jalan karena tidak ada keistimewaan secara individual.

“Mungkin sekarang masih rekreatif sifatnya dan pemerintah hadir membuat jalur khusus. Kemudian menyosialisasikan keamanan dan kesehatannya.. Nanti ada juga kita mengedukasi bagaimana bersepeda khusus di tengah pandemi itu,” ujarnya.

Sebagai tahap awal, lanjut Yana, untuk sementara penambahan jalur baru ditandai dengan pengecatan gambar yang teratur setiap 50 meter. Sebagai proyek awal pada Jumat (12/6/2020) pagi akan dibuat jalur dengan rute dari Jalan Nyland ke Balai Kota.

Yana menegaskan, pembuatan jalur dari rumah dinasnya ke Balai Kota ini sekaligus menjadi wujud komitmen untuk menjadikan sepeda sebagai transportasinya menuju ke tempat bekerja. Ia berharap hal serupa bisa memancing masyarakat mengikuti pola ‘bike to work’.

“Walau biaya jalur sepeda permanen belum ada, tapi saya pikir tidak bisa berhenti di situ. Terpenting penting ada niatnya. Saya ajak Dishub (Dinas Perhubungan), PU (Dinas Pekerjaan Umum) dan komunitas sepeda. Hayuk kita buat dulu aja,” terangnya.

Halaman:

Editor: Ramdan

Terkini

5 Rekomendasi Kado untuk Pasangan Terbaik 2022

Selasa, 29 November 2022 | 18:54 WIB

Jangan Lewatkan! Promo Menarik Spesial Hangry BirthDay

Kamis, 17 November 2022 | 20:31 WIB

Apakah Asuransi Kesehatan Mencakup Perawatan Gigi?

Sabtu, 5 November 2022 | 20:26 WIB

Buka Tabungan di bank bjb Dapat Banyak Keuntungan

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 17:23 WIB
X